21/06/12

CONTOH SEPEDA BAMBU YANG SUDAH TENAR


CONTOH SEPEDA BAMBU YANG SUDAH TENAR

Calfee Design
Sepeda bambu pertama kali dirakit di Ghana, Afrika tahun 1986 atas kerjasama seorang pengusaha bernama Craig Calfee dengan Columbia University. Penduduk asli di sana menggunakan sepeda untuk alat transportasi dan untuk mendapatkan sepeda penduduk di Ghana harus impor dari Eropa dan harganya sangat mahal. Melihat hal itu, Calfee bersama tim merancang riset untuk membuat sepeda mandiri menggunakan bamboo



Brooklyn bike
The Brooklyn-based Bamboo Bike Studio (BBS), New York, US where DIYers make their own bike frame out of bamboo in a two-day workshop, is opening satellite studios and branching out into the assembly of steel frame bikes
.
(sumber : http://blog.makezine.com)
Sepeda bambu dari Ghana
Dengan bahan yang kuat, bambu merupakan materi yang terjangkau dan ramah lingkungan. Apalagi bagi negara miskin seperti Ghana, Uganda dan Zambia yang kesulitan mendapat materi mahal. Bambu menjadi produk potensial bagi produksi sepeda.

Sumber : sepeda dari bamboo dari afrika.
Sepeda bambu dari Zambia

Zambikes, nama perusahaan ini, berusaha untuk membuat sepeda custom-built Zambia dengan bahan dasar bambu. Penemu Zambikes, Mwewa Chimbaka, mengatakan bahwa produk ini memiliki nilai plus karena bahan dasarnya tumbuh dengan baik di wilayah Afrika. Produk ini dibuat di Afrika dan diekspor ke seluruh dunia. Hal ini jarang terjadi, padahal pada umumnya mereka harus mengimpor dari luar negeri. Harga sekitar $900, sepeda bambu ditujukan terutama ditujukan untuk pasar internasional, dengan negara-negara seperti Jepang, Singapura, Jerman, Brasil, Finlandia dan Amerika Serikat.
Sumber : forum.vivanews.com dan sepeda dari bamboo dari afrika.
Sepeda bamboo asal Malang
Chamim Marka (54) warga Jalan Kepuh Harjo 61 Kecamatan Kartang Ploso Kabupaten Malang, membuat sepuluh unit sepeda yang terbuat dari bamboo. Saat ini sudah ada sepuluh unit. Satu unit yang bernama Siung (taring) tahun 2004 sudah terjual Rp 25 juta, yang membeli penggemar koleksi antik,” ujarnya ditemui sebelum mengisi acara seminar Bambu Talk.

(sumber jagadfakta.wordpress.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar